21 May 2024 | 

Kepuasan Pelanggan

 
Pilih Tahun :

Indeks Kepuasan Pelanggan Balai Sains Bangunan

Triwulan I Tahun 2023

Pendahuluan

Balai Sains Bangunan sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Kementerian PUPR beberapa di antaranya yaitu melaksanakan pengujian Laboratorium, advis teknis, dan bimbingan teknis. Sebagai bentuk upaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, telah dilakukan evaluasi kinerja pelayanan melalui Survei Kepuasan Masyarakat sebagai tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan di lingkungan Balai Sains Bangunan.

Hasil Survey Indeks Kepuasan Pelanggan

Pertanyaan kuesioner mengacu pada Permen. PANRB No. 14 Tahun 2017 yang terdiri dari kejelasan tentang persyaratan teknis (misal jumlah material contoh uji) dan data administratif, kejelasan dalam prosedur permohonan, waktu penyelesaian jasa laboratorium, besaran biaya yang ditetapkan sesuai tarif yang berlaku, sikap dan perilaku sopan dan ramah dalam melayani pelanggan, pernyataan kesanggupan untuk melaksanakan jasa laboratorium sesuai standar pelayanan, tersedia kotak saran/pengaduan dan pengaduan ditanggapi dengan baik, akreditasi laboratorium pengujian, dan kualitas hasil uji laboratorium sesuai dengan standar acuan yang ditetapkan.

Jumlah pemohon yang bersedia mengisi kuesioner sebanyak 795 responden dengan jumlah 9 pertanyaan. Berdasarkan Tabel dan Diagram Batang, diketahui bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Pelayanan di Balai Sains Bangunan diperoleh nilai IKM sebesar 92.00. Dan jika nilai IKM ini dikonversikan ke penilaian mutu pelayanan, maka kinerja Balai Sains Bangunan masuk dalam kategori A (88.31 - 99.99).

 

Nilai Interval Konversi IKM

Nilai IKM

92.00

Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Pelanggan terhadap pelayanan di Balai Sains Bangunan, maka tindak lanjut yang akan dilaksanaan selanjutnya, sebagai berikut :